JURNAL : MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI BONEKA JARI
Source picture by : Jawapos.com
JURNAL ONLINE UNIVERSITAS TERBUKA
UPAYA
MENINGKATKAN PENGEMBANGAN BAHASA AUD
TENTANG
BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI
PESERTA DIDIK
KELOMPOK B2 TK BINA ANAPRASA I
SIDOARJO
RISAATUL LAILIYAH
NIM : 834930136
Email : risaatul2@gmail.com
ABSTRAK
Masalah yang dibahas
dalam penelitian ini adalah sejauh mana peningkatan bercerita menggunakan media
boneka jari. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana media boneka jari
dalam meningkatkan kosakata anak dan memotifasi anak untuk lebih kreatif
dan mencintai serta menghargai bahasa sendiri dalam merangkai / menyusun suku kata dengan
berbagai variasi atau bebas pada siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa I
Sidoarjo. Waktu penelitian pada semester II, penelitian dilaksanakan selama 2
bulan.
Data yang
dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah
data yang berbentuk kategori atau atribut (berbentuk narasi), sedangkan data
kuantitatif adalah data yang berbentuk bilangan (angka).
Data yang diperoleh
kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui anak
yang bisa bercerita sesuai tema dan tidak bisa bercerita sesuai tema. Hasil
penelitian pada awal studi (pra siklus) yaitu anak yang bisa merangkai suku
kata 8 dari 30 anak atau sekitar 5,70 % dari seluruh anak. Pada siklus I anak
yang bisa merangkai suku kata meningkat
menjadi 20 anak atau sekitar 7,06 % dari seluruh anak. Dan pada siklus ke II
anak yang bisa merangkai suku kata
menjadi 25 anak atau sekitar 9,30 % dari jumlah seluruh siswa.
Dari penelitian di atas dapat disimpilkan bahwa melalui
bercerita dengan media boneka jari dapat meningkatkan pengembangan bahasa AUD
peserta didik kelompok B2 TK Bina Anaprasa I Sidoarjo.
Kata kunci: bercerita boneka jari
JURNAL : MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI BONEKA JARI BY RISAATUL LAILIYAH